Tanaman/Taman Obat Keluarga (TOGA)

Tanaman/Taman Obat Keluarga (TOGA)

Wednesday, January 29, 2014

Saat ini banyak sekali obat-obatan yang berasal dari tanaman obat, karena kandungan bahannya yang alami tentu saja tidak ada atau adanya efek samping yang lebih sedikit dibandingkan dengan obat-obatan modern jika digunakan secara tepat. Selain dapat menyembuhkan penyakit dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh.


Taman Obat Keluarga (TOGA) berasal dari kata "taman" dan "keluarga". "Taman" artinya suatu usaha untuk meningkatkan nilai estetika tanaman (tanaman obat) dengan adanya pengaturan yang sesuai dengan potensi lahan dan enak dipandang mata. Sedangkan "keluarga" dapat diartikan taman obat ini berfungsi untuk menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga dan ditanam dilingkungan keluarga, seperti halaman rumah, sekolah atau kantor. TOGA dibagi menjadi beberapa kelompok, untuk lebih detail nya bisa dibaca pada artikel berikut Pengelompokan Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

Beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam membuat taman obat keluarga (TOGA), yaitu :
1. Pilih jenis tanaman obat yang bermanfaat untuk anggota keluarga.
2. Perhatikan luas lahan sehingga kita dapat mempertimbangkan ukuran tanaman obat yang akan kita tanam.
3. Kondisi lahan, seperti kontur tanah, bentuk serta adanya pohon atau bangunan lain.
4. Faktor keindahan dengan mengatur lahan untuk tanaman obat agar tidak merusak atau mengganggu pemandangan.


Pengolahan tanaman obat harus dilakukan sebaik mungkin agar tidak kehilangan khasiatnya, berikut panduan pengolahan taman obat keluarga (TOGA).

0 comments:

Post a Comment

 

Posts Comments

©2006-2010 ·TNB