Khasiat Tanaman Obat Keluarga (TOGA) - Asam

Khasiat Tanaman Obat Keluarga (TOGA) - Asam

Friday, January 31, 2014


Tanaman obat keluarga (TOGA) yang satu ini memiliki nama latin Tamarindus Indica Linn yang banyak dikenal dengan sebutan Asam. Dibeberapa daerah dikenal dengan sebutan Tangkal asam, Acem atau celagi.

Besar pohon ini bisa mencapai setinggi 15 meter. Daunnya bersirip genap, bunganya berwarna kuning dan buahnya berbentuk polong. Dalam setahun, antara bulan september hingga oktober biasanya daun-daun pohon asam gugur dan berganti dengan yang baru. Biasanya tanaman ini banyak tumbuh di daerah pantai atau ditepi jalan karena bisa dijadikan sebagai perindang.

Bagian yang digunakan dari tanaman obat ini adalah daging buah, daun muda (sinom) dan kulit kayu. Daging buah asam mengandung vitamin A, zat gula, tartrat, pektin, gula invart, selulosa dan asam-asam yang terikat oleh kalium. Khasiat dari pohon asam ini yaitu Laksan, Analgesik, Diaforitik dan Laksatif. Penggunaan dan pengelolaan yang tepat sangat diperlukan agar khasiat dari tanaman obat ini tidak hilang atau bisa berkhasiat seoptimal atau semaksimal mungkin.
 
Beberapa resep tradisional dengan menggunakan tanaman obat Asam, yaitu :
1. Demam
Asam 2 ruas ibu jari diseduh dengan air mendidih 100 ml lalu diminum 1 kali sehari 100 ml.
2. Eksem
Asam 1 ruas ibu jari dan rimpang temulawak 4 keping diseduh dalam air 110 ml, kemudian diminum 1 kali sehari 110 ml.

3. Nyeri haid
Asam 1 ruas ibu jari dan kunyit 1 jari diseduh dalam air mendidih 100 ml. Diminum pagi dan sore, tiap kali minum 100 ml.

0 comments:

Post a Comment

 

Posts Comments

©2006-2010 ·TNB