Khasiat Tanaman Obat Keluarga (TOGA) - Andong

Khasiat Tanaman Obat Keluarga (TOGA) - Andong

Monday, February 3, 2014



Tanaman obat Andong memiliki nama latin Cordyline fruticosa (L)A.Cheval. Ada beberapa istilah yang dipakai pada daerah-daerah tertentu yaitu endong, kayu urip, linjuwang, jejuwang, sabang dan daun ngasi. Tanaman ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut : tinggi pohon hingga 5 meter, batang keras, daun tunggal berwarna hijau tua dan tepi daun rata, bunga berbentuk malai dengan tangkai bunga yang panjang dan tumbuh diketiak daun, buah bulat kecil-kecil berwarna merah mengkilat dan akar serabut yang berwarna putih kecoklatan. Tanaman obat ini dapat hidup di dataran rendah sampai 1900 dpl.

Bagian dari tanaman obat andong yang digunakan sebagai obat adalah daunnya (Cordylinae Folium), karena mengandung steroida, saponin dan polisakarida. Kandungan-kandungan tersebut mampu mengatasi hemostatik (pendarahan) dan antibengkak.

Perhatikan penggunaan tanaman obat ini sebelum digunakan untuk membuat ramuan. Berikut resep tradisional untuk batuk darah dan haid yang terlalu banyak :
Daun andong segar sebanyak 5 lembar rebus dengan air secukupnya. Minum 1 kali sehari sebanyak 100 ml. Bisa juga dengan cara diperas, diminum 1 kali sehari sebanyak 1/4 cangkir.

0 comments:

Post a Comment

 

Posts Comments

©2006-2010 ·TNB